Wuling Almaz: SUV Murah, Fitur Maksimal
Image by Admin from Minaesa

Wuling Almaz: SUV Murah, Fitur Maksimal

Setelah sukses dengan penjualan Wuling Confero di pasar Indonesia yang cukup memuaskan di kelas Low MPV, Wuling Motors Indonesia akan memperkenalkan produk barunya untuk bersaing di pasar SUV yakni Wuling Almaz.

Sesuai prediksi Wuling yang merupakan pemain baru di industri otomotif Indonesia terbukti serius untuk bersaing. Kita tentu tidak melupakan Wuling Confero yang lumayan mengganggu penjualan si kembar yakni Avanza dan Xenia, serta Wuling Cortez yang mencuri perhatian pecinta medium MPV yang salah satunya adalah Toyota Innova.

Hingga artikel ini dibuat, Wuling sudah membuat sekitar 90 dealer yang tersebar diseluruh tanah air untuk melayani penjualan serta layanan after sales. Itu bukan investasi yang sedikit, walaupun penjualan Wuling cukup memuaskan pada sepanjang tahun 2018 yakni 14.000an unit yang laku terjual.

Wuling Almaz menggunakan basis dari Baojun 530 yang juga digunakan Chevrolet Captiva terbaru, pertama kali bisa dilihat pada waktu acara Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun 2018 lalu.

Eksterior
Tampilan depan mobil ini mengikuti tren dengan lampu depan minimalis (sipit) dan juga terdapat lampu kabut yang bisa dikatakan mewah. Grill depan Wuling Almaz sangat khas dan tegas layaknya SUV perkotaan.
Tampak samping masih terlihat tidak ada yang spesial meski memberi kesan kuat dan jantan.

Ada satu hal yang lumayan aneh ketika anda melihat ban dan velg dari samping terlihat kurang besar dan memberi kesan kurang kokoh, meski ini relatif.

Untuk Bagian belakang juga mengikuti tren masa kini dengan lampu horisontal yang cukup panjang dan mungkin lumayan mengganggu. Namun yang jadi perhatian pada bagian belakang dengan sedikit lekukan, Wuling Almaz akan terlihat seperti MPV yang bongsor.

Interior
Interior Wuling Almaz mungkin merupakan favorit bagi pengguna, dengan dashboard yang berkelas tersemat monitor yang dinamakan Smart Multimedia berukuran lebih dari 10,4″ untuk terintegrasi dengan bluetooth, AC, TPMS, fitur Wuling Link, Camera dan banyak lagi fungsi lainnya.

Pada bagian stir juga terdapat pengatur volume audio dan multimedia.
Jok pada Wuling Almaz cukup ergonomis dengan bahan yang masih jauh dari kata nyaman apalagi mewah. Meski begitu kabin mobil ini terasa luas dan punya leg room yang lega.

Kesan Mengemudi
Wuling Almaz dengan mesin turbo berkapasitas 1.451cc menggunakan transmisi CVT dari Bosch Holland dan dilengkapi dengan 8 percepatan. Wuling menyematkan teknologi DOHC dengan turbocharged yang dibuat oleh Honeywell, dapat menyemburkan tenaga 140 hp pada putaran 5.300 rpm, serta menghasilkan torsi 250 Nm.

Kekurangan pada sektor kemudi adalah tidak adanya fitur Paddle Shift yang memudahkan pengemudi untuk menyesuaikan kecepatan. Tapi secara keselurahan akselerasi Wuling Almaz sangat responsif dan stabil ketika bermanuver. Dengan kesan berkendara yang memuaskan, tidak adanya Paddle Shift bukan sebuah kekurangan yang berarti.

Pada Wuling Almaz 2019 terdapat banyak fitur untuk menunjang pengemudi dalam berkendara. Salah satu fitur yang utama adalah Cruise Control untuk menjaga kecepatan agar stabil tanpa harus terus-terusan menginjak pedal gas. Fitur Cruise Control pada Wuling Almaz dapat diaktifkan ketika kecepatan sudah 60km/jam.

Selain itu ada juga fitur Electronic Stability Control atau ESC yang menjaga agar mobil tidak hilang kendali. Fitur lainnya adalah Traction Control System atau TCS yang berfungsi untuk menjaga putaran roda agar tidak selip atau keluar jalur saat berakselerasi. Ada juga fitur Hill Hold Control yang menjaga kendaraan agar tidak mundur pada tanjakan.

Wuling tidak menyepelekan keselamatan konsumen dengan memperlengkapi Wuling Almaz dengan fitur keselamatan yakni Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Braking Assist dan Emergency Stop Signal.

Dengan segala kelebihan yang dibawa Wuling Almaz, bukan tidak mungkin mobil ini akan menjadi pusat perhatian pada segmen SUV kalau dibandrol dengan harga yang menyenangkan khas made in china. Hal yang perlu diperhatikan untuk pemain baru seperti Wuling tentunya agar tidak gegabah menetapkan harga. Karena faktanya dominasi mobil Jepang tidak akan mudah dipatahkan.

Leave a Reply

Close Menu