Film Terbaik Sepanjang Masa
Image by Admin from Minaesa

Film Terbaik Sepanjang Masa

The Shawshank Redemption adalah film adaptasi dari salah satu novel terlaris Stephen King. Sebuah kisah yang inspiratif yang mengajarkan siapapun pentingnya harapan dan bagaimana memperjuangkannya. Film yang diproduksi tahun 1994 ini juga menceritakan artinya persahabatan dalam duka dan membuatnya menjadi sukacita. Disutradarai oleh Frank Darabont yang dikenal dengan film-film terbaik dan sukses, film The Shawshank Redemption adalah film berlatar belakang penjara tahun 60an yang sadis dan mengerikan namun mampu membawa penonton hanyut dengan alur lambat nan cerdas khas Frank Darabont yang merupakan salah satu sutradara favorit saya.

Film ini menceritakan seorang bankir cerdas yakni Andy Dufresne yang dituduh membunuh istri dan selingkuhan istrinya, dan tentunya hukuman seumur hidup yang dijalaninya. Beda kalau di Indonesia, pembunuh massal bisa bebas dan pimpin upacara bendera, bahkan ada yang mati sebagai pahlawan. Lanjut cerita dari Andy Dufresne (Tim Robbins) sang bankir yang dipenjara atas tuduhan pembunuhan akhirnya bertemu dengan Red (Morgan Freeman) yang adalah seorang penjahat senior, cerdik dan berpengaruh di penjara tersebut untuk meminta menyusupkan sebuah barang. Sejak pertemuan tersebut Andy dan Red bersahabat dan saling bahu-membahu satu sama lain.

Kisah mereka mampu membawa emosi penonton sejak awal dan tak ada momen yang tak berarti karena semuanya seperti kepingan puzzle yang berhubungan satu sama lain. Bagaimana tidak seseorang seperti Ellis Boyd Redding yang sudah terlanjur kecewa dan menyerah karena dipenjara begitu lama, sehingga hanya menjalani hidupnya di penjara yang membosankan tanpa arah dan tujuan.

The Shawshank Redemption
Image by Admin from Minaesa

“Let me tell you something my friend. Hope is a dangerous thing. Hope can drive a man insane.” Red

Hal ini bertolak belakang dengan Andy Dufresne seorang bankir sukses dengan kehidupan sempurna, akhirnya dipenjara seumur hidup dengan siksaan fisik dan psikis tapi dapat bertahan karena sebuah kata yakni “harapan”.

“Hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies.” Andy Dufresne

Akhirnya lewat perjuangan yang sabar dan tak kenal lelah, Andy Dufresne melakukan hal yang tak pernah terpikirkan siapapun termasuk Red sahabatnya. Andy berhasil meloloskan diri dari penjara dengan cara klasik yang dilakukan dengan sabar karena kuncinya adalah jangan pernah sekalipun kehilangan harapan. Setelah menghirup udara bebas Andy tak melupakan Red saudara seperjuangannya untuk pergi ke tempat yang pernah mereka bicarakan selama di penjara.

The Shawshank Redemption adalah film terbaik yang pernah saya tonton, mungkin anda tidak akan sadar melewatkan durasi film sepanjang 142 menit. Film ini memberi kita banyak pelajaran kehidupan agar menjunjung tinggi keadilan, jangan pernah menyerah serta pentingnya arti persahabatan. Tentu saya tak dapat menceritakan semuanya dalam artikel ini, bagi yang belum nonton ini film rekomendasi yang cocok untuk akhir pekan anda.

“Get Busy Dying or Get Busy Living”

Leave a Reply

Close Menu